Cara membuat email
~ Artikel ini berawal dari percakapan dua anak SMU yang kebetulan ada
di samping saya waktu saya sedang minum kopi. Salah satu dari anak muda
itu bertanya pada temannya “bro, kalau mau bikin facebook kan harus
punya email, gimana sih cara membuat email?”. Wah ternyata masih ada
yang kurang paham cara membuat akun email sendiri ya hehehe.
Kenapa kita butuh email? Email adalah
salah satu fasilitas yang wajib kita miliki ketika melakukan kegiatan di
internet. Misalnya ketika kita ingin membuat akun media sosial di
Facebook, Twitter, atau Google plus, pasti situs media sosial tersebut
akan meminta akun email kita, atau ketika kita ingin belanja di toko
online, pasti mereka akan menanyakan akun email kita. Fungsi email ini
sendiri adalah sebagai alat komunikasi digital (surat elektronik) dan
bisa juga sebagai identitas online seseorang.
Sebelumnya kita mesti tahu dulu apa itu
email. Email atau e-mail adalah singkatan dari Electronic Mail atau
surat elektronik yang hanya bisa dibaca jika kita punya perangkat
komputer, laptop, Tab, smartphone, dan tentunya koneksi internet. Kalau
tidak ada koneksi internet, kita tidak akan bisa membuka akun email
kita. Akun email itu sendiri dapat kita miliki secara gratis ataupun
berbayar, dan di artikel ini saya hanya membahas cara membuat email
gratisan.
Beberapa penyedia layanan email gratis
yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Yahoo.com,
Google.com, dan Microsoft.com. Berikut ini adalah cara membuat email
gratis di masing-masing layanan yang saya sebutkan:
A. Cara Membuat Email Gratis di Gmail (Google Mail)
Ini adalah layanan email gratis favorit
saya. Selain bisa membuat email dengan gratis, kita juga bisa membuat
akun Google plus dengan mudah bila sudah memiliki akun Gmail.
1. Langkah pertama, kunjungi situs Google mail
2. Klik tombol “Create an account” atau “Buat akun” yang ada di sebelah kanan atas halaman Google mail.
Buka Spoiler »3. Isi kolom-kolom yang ada pada halaman pengisian dengan data Anda:
- Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
- Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
- Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
- Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
- Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
- Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
- Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
- Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode (2 kata dengan spasi) yang ada di halaman tersebut
- Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
- Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
- Klik tombol “Langkah berikutnya”
4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan
profil Anda dengan menambahkan foto profile Anda. Untuk menambahkan
foto, silahkan klik tombol “Tambahkan Foto Profil”. Anda bisa memasukkan
foto dari komputer. Setelah selesai mengatur foto profil, klik tombol
“Langkah berikutnya”.
Buka Spoiler »
5. Voila, akun email di Google sudah
selesai dibuat. Silahkan klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke
halaman email Anda.
Buka Spoiler »B. Cara Membuat Email di Yahoo Mail
Layanan email gratis dari Yahoo sangat
banyak digunakan orang. Selain email gratis, kita juga otomatis akan
bisa mendaftar ke layanan Yahoo Messenger untuk chating.
1. Langkah pertama, kunjungi situs Yahoo mail
2. Klik tombol “Buat Account Baru” di bagian atas kanan halaman Yahoo mail.
Buka Spoiler »
3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:
- Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
- Pilih ID Yahoo!: pilih alamat email yang Anda inginkan di Yahoo
- Pilih kata sandi: isi dengan sandi yang Anda inginkan dan mudah diingat
- Ketik ulang kata sandi: masukkan lagi sandi Anda
- Saya lahir pada: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
- Saya tinggal di: pilih negara dimana Anda tinggal
- Ponsel: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan
- Email Alternatif: isi bila Anda punya email lain, kosongkan bila memang tidak ada
- Klik tombol “Buat akun saya”
3. Langkah selanjutnya adalah mengisi
pertanyaan rahasia, ini dibutuhkan untuk menjaga keamanan akun email
Yahoo Anda. Di sini Anda harus memilih pertanyaan dari pertanyaan 1 dan
2, serta tentukan jawaban Anda. Pilihlah pertanyaan yang jawabannya
mudah Anda ingat. Dan jangan lupa mengisi nomor ponsel Anda pada kolom
yang sudah disediakan. Pada halaman ini Anda juga perlu untuk memasukkan
kode anti spam. Setelah selesai mengisi kolom-kolom yang disediakan,
klik tombol “Selesai”.
Buka Spoiler »
4. Voila, email Anda di Yahoo sudah
selesai dibuat. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Persiapan
Awal” untuk masuk ke halaman email Anda.
Buka Spoiler »C. Cara Membuat Email di Hotmail
Layanan email gratis Hotmail ini
disediakan oleh Microsoft.com. Memang tidak sepopuler Gmail dan Yahoo
mail, tapi layanan ini sangat banyak digunakan orang.
1. Langkah pertama, buka situs Hotmail
2. Klik tombol “Sign up now” pada bagian kanan bawah halaman Hotmail.
Buka Spoiler »
3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:
- Name: isi dengan nama depan dan nama belakang Anda
- Birth date: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
- Gender: pilih jenis kelamin
- Microsoft account name: isi dengan alamat email yang Anda inginkan di akun Microsoft Anda
- Create password: isi dengan sandi yang Anda inginkan
- Reenter password: masukkan kembali sandi Anda
- Phone number: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan akun email
- Alternate email address: isi dengan alamat email Anda yang lain, kosongkan bila tidak ada. Bila Anda tidak mengisi email alternatif maka Anda harus mengisi pertanyaan dan jawaban rahasia untuk menjaga keamanan akun email Anda.
- Country region: pilih negara tempat tinggal Anda
- Postal code: isi dengan kode pos Anda
- Enter the characters you see: isi dengan karakter yang Anda lihat, ini untuk mencegah spam
- Lalu klik tombol “I Accept”
4. Tadaaaa, akun email Anda di Hotmail sudah jadi. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Continue to inbox” untuk melihat halaman email Anda.
Buka Spoiler »
Jenis-jenis e-mail
Jenis-jenis e-mail,
Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan apa yang namanya e-mail.
E-mail sudah kita gunakan dalam berbagai aktivitas, misalnya untuk tugas
sekolah, urusan perkantoran, dan lain-lain. Dilihat dari layanan yang
diberikan, terdapat tiga jenis e-mail yang digunakan saat ini, antara
lain POP Mil, e-mail berbasis web, dan e-mail forwarding. Masing-masing
jenis e-mail tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
1. POP mail (e-mail berbasis POP)
E-mail
nernasis POP (Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan
server POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke
alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Pada server POP, semua e-mail
yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki akun di server akan disimpan
dalam sebuah direktori. Kemudian saat pengguna menghubungi server,
semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client.
Senaliknya saat pengguna ingin mengirimkan e-mail ke suatu alamat
e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server POP dan selanjutnya
akan diteruskan ke alamat yang dituju.
Kelebihan
e-mail berbasis POP adalah dapat dibaca pada kondisi offline (tidak
terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara
menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari
server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah
membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer
ke internet dan mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan
cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet,
sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.
Kekurangan
dari POP mail, yaitu kita tidak bisa membuka e-mail dari sembarang
tempat. Jika ingin melakukan di komputer lain, terlebih dahulu kita
harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika menggunakan akses
internet yang perhitungan biayanya berdasarka file yang didownload,
bukan berdasarkan lama koneksi, maka biaya yang dikeluarkan akan sama
saja. Untuk mendownload e-mail dari seever alamat e-mail dan mengirimkan
balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti MS
Outlook, Eudora, MS Outlook Express, Pegasus, atau Netscape
Communicator.
2. Web based mail (e-mail berbasis web)
Web
based mail adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website
penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo (mail.yahoo.com), Google
(Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dan lain-lain. Kelebihan
web based mail adalah biasanya diberikan secara gratis oleh website yang
bersangkutan. Selain itu, kita juga dapat mengecek e-mail dari mana
saja. Kekurangan dari jenis e-mail jenis ini adalah pembacaan e-mail
hanya dapat dilakukan pada kondisi online, sehingga membutuhkan biaya
koneksi ke internet yang lebih besar. Meskipun demikian, beberapa
website penyedia jasa layanan e-mail disertai dengan fasilitas POP3.
3. E-mail forwarding
E-mail
forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang
diterimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat
untuk orang-orang yang suka berganti-ganti alamta e-mail. Kelebihan
e-mail forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang
sesungguhnya. Selain itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak
perlu memberi tahu alamat e-mail yang baru. Cukup memberikan alamat
e-mail forwardingnya. Kekurangan e-mail jenis ini adalah karena hanya
bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat
yang lain. E-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk
sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.
Cara Mengecek, Mengirim, dan Membalas Email
1.Pada URL web browser ketik gmail (tekan ctrl+enter) [ ini trik cara cepat buka situs dengan extention .com]2.Masukkan account gmail anda (boleh hanya nama atau lengkapnama.anda@gmail.com) masukkan password nya
Tips : jika computer yang anda pakai adalah milik pribadi maka anda bisa member tanda cek list untuk menyimpan password anda secara otomatis,setiap kali kamu mebuka gmail, tidak perlu mengetikkan password.Tapi jika anda membuka email di tempat umum/warnet,jangan sekali-kali mencek tanda ini, karena orang lain bisa membuka email anda, karena browser menyimpan password anda.
3.Tekan tombol sign in.
Cara mengirim mail/surat
Setelah kamu masuk ke account gmail, kamu bisa mengirim mail surat ke teman/rekan kamu, caranya
1.Pada halaman email klik Compose mail di sebelah kiri atas, Masukkan alamat email tujuan kamu, jika lebih dari satu maka dapat dipisahkan dengan tanda , (koma). Contoh : kawan1@gmail.com , teman2@yahoo.co.id, boss@hotmail.com .
Tips : kamu bisa sekaligus mengirimkan cc (copy carbon) ke alamat email yang lain atau bcc (black copy carbon) [ bcc : penerima email utama tidak mengetahui bahwa anda mengirim email ke alamat yang di bcc]
2.Tulis subject judul mail anda, kemudian tulis pesan yang akan kamu sampaikan.
3.Jika kamu akan melampirkan file lainnya (seperti file gambar,docukumen lain) klik attach a file, dibawah kotak judul atas.
4.Setelah pesan dan lampiran selesai tekan tombol send. ( Tips : jika kamu belum selesai menulis, kamu bisa menyimpan dahulu sebelum terkirim : tekan save,maka mail kamu tersimpan di draft, dan bisa kamu edit kembali di lain waktu. jika kamu tidak jadi / salah menulis mail bisa kamu hapus , tekan discard)
5.Tunggu berapa saat, jika keluar pemberitahuan mail anda telah terkirim, berarti anda telah berhasil mengirimkan email. Bisa anda cek di bagian send
Cara membalas dan meneruskan mail yang anda terima
1.Lihat mail yang anda terima di inbox, klik mail tsb untuk membukanya,setelah anda baca, jika anda akan membalas maka ketik balas
2.Jika anda hanya ingin meneruskan mail tersebut ke teman anda ketik forward dan masukkan alamat email tujuan. Tips : jika email yang kamu terima ada lampiran (attachment) dan kamu ingin memforward email tanpa lampiran, kamu bisa menghilangkan tanda (V) checklist pada file attachment.
Istilah Dalam E-Mail
Berikut istilah istilah yang ada di dalam e-mail:
1. Address: alamat e-mail, tanda @ mutlak harus ada dalam e-mail
2. Inbox: kotak masuk e-mail yang dikirim kepada anda
3. Draft: tempat untuk memuat e-mail yang belum dikirim
4. Outbox: e-mail keluar, folder tempat
penampungan sementara/sesaat email pada saat akan di kirim. Jika email
telah terkirim maka folder ini akan kosong kembali.
5. Spam: email yang tak diinginkan oleh
si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal (biasanya berbau
komersil, kadang juga politis).
6. Sampah: folder untuk menyimpan pesan yang telah dihapus untuk sementara, dan pesan tersebut dapat terhapus kapan saja.
7. CC : copy carbon, dapat melakukan
pengiriman email yang sama ke banyak alamat. Fasilitas ini tidak
menyembunyikan alamat email penerima lainnya sehingga semua penerima
email dapat melihat semua penerima email yang lainnya.
8. BCC : blind copy carbon, dapat
melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat, dimana penerima
tidak akan dapat melihat alamat penerima lainnya.
9. Attachment : lampiran, istilah untuk
dapat melampirkan beberapa file bersama email yang di kirim. Selain
pesan dalam email tersebut, juga dapat melampirkan beberapa file yang
terbatas pada ukuran tertentu, sesuai dengan ketentuan dari penyedia
jasa email tersebut.
10. Bounce (pentalan, mental): pesan
yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima
tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
11. Bot: software tertentu yang bertindak mewakili orang.
12. Mailbot: software tertentu yang membalas email secara otomatis.
13. Listbot: software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
14. Listserver: sama dengan listbot.
15. Subscribe: mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
16. Unsubscribe: memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
17. Post: mengirim email ke mailing list atau newsgroup.
18. Flame: pesan kasar atau tidak sopan.
19. Bomb-mail yaitu pengiriman email
dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya
menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini
merupakan suatu kejahatan.
20. Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru.
21. Mailbox : istilah untuk sebuah account email dengan kapasitas penampungan tertentu yang di baut pada sebuah mail server.
22. Mail Server : server yang melayani dan mengatur proses pengiriman dan penerimaan email.
23. Outlook : program mail client yang
banyak digunakan saat ini. Ada 2 jenis Outlook yaitu Outlook Express
(program standar bawaan Windows yang biasanya sudah ada ketika Anda
menginstall Windows) dan Microsoft Outlook (program bawaan dari
Microsoft Office).
24. Forward: melakukan penerusan sebuah email ke penerima lain.
25. Delivery Receipt: info yang diterima
pengirim bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan
telah disimpan di mail clientnya
26. Filters: Penyaring email yang masuk.
27. Header: Kepala email, berisi informasi penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll.
28. HTML Email: Email yang berisikan gambar dan teks
29. IMAP: Metode pengaturan email yang anda terima
30. Mail Transper Agent (MTA): Sistem yang bertugas meneruskan dan menghantarkan pesan email
31. Plain-text mail: Email yang hanya teks saja
32. POP3: Protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email
33. Preview Pane: Halaman yang digunakan untuk membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru
34. SMTP: Sebagai protocol yang mengatur pengiriman pesan email
35. Vacation messege: Untuk menginformasikan kepada pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email
etika penulisan email
Netiket atau nettiquette
adalah etika dalam berkomunikasi melalui e‑mail. Seperti halnya
berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka berkomunikasi dengan
e‑mail butuh tatacara tersendiri.
1) Perlakukan E‑mail secara pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau
gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak sepatutnya mengirimkannya
ke forum umum, seperti kelompok, grup, atau mailing‑list. E‑mail pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
2) Jangan gunakan huruf kapital
Seperti halnya membaca surat kabar atau
surat, membaca pesan email yang menggunakan huruf besar/kapital yang
berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata
krama berkomunikasi dengan e‑mail atau chat, penggunaan huruf besar
biasanya dianggap berteriak.
3) Jangan gunakan CC
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah
orang (misaInya di mailing list), jangan cantumkan nama‑nama pada
kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e‑mail
Anda akan bisa melihat alamat‑alamat e‑mail orang lain. Umumnya orang
tidak suka bila alamat e‑mailnya dibeberkan di depan umum. Gunakan BCC (
blind carbon copy ). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat
alamat e‑mailnya sendiri.
4) Jangan membicarakan orang lain
Jangan membicarakan orang atau pihak
lain, apalagi kejelekan-kejelekannya. Berhati‑hatilah terhadap apa yang
Anda tulis. E‑mail memiliki fasilitas bernama forward yang mengizinkan
si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
5) Jangan terlalu banyak mengutip
Berhati‑hatilah dalam melakukan balasan
(reply). Fasilitas reply dari sebagian besar program maller biasanya
akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi
surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e‑mail,
usahakan menghapus bagian‑bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab
bagian- bagian yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang memakan
file yang besar, yang membuat loading menjadi lambat, yang berarti akan
menambah beban pulsa tidak hanya pada pihak penerima, tetapi juga pada
pihak pengirim. Selain itu, jika kutipan itu Anda kirimkan untuk orang
lain (misalnya isi email dari A Anda kirimkan untuk B) maka sebaiknya
Anda menyertakan sumber, terutama jika e-mail tersebut berisi
gagasangagasan penting. Mengutip gagasan tanpa menyertakan sumber akan
membuat Anda dicap sebagai plagiat.
6) Jawablah secara masuk akal.
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk
akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban, atau
menjawab pesan e-mail yang panjang lebar dalam satu kata : “Good”
7) Jangan gunakan format HTML
Jika anda mengirim sebuah pesan penting
kerekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program
e-mail rekan anda bisa memmahami kode HTML. Jika tidak, pesan anda sama
sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
Menulis sebuah surat elektronik atau
email adalah salah satu cara berkomunikasi dengan orang lain. Sama
halnya dengan cara komunikasi konvensional yaitu berbicara langsung,
menulis email juga membutuhkan etika, tata cara dan sopan santun. Lalu
apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menulis email?
Berikut ini ada beberapa catatannya, yaitu:
1. Gunakan salam pembuka
Contoh : Selamat Pagi/Dear/Yth.Bapak/Ibu
2. Pergunakan kalimat dengan jelas & singkat, jangan bertele-tele
Contoh : Mohon di baca kembali Kontrak Lead Time Pengiriman dari Bogor s.d Soroako
3. Jangan menggunakan huruf BESAR di seluruh kalimat
Penggunaan huruf besar di seluruh kalimat menimbulkan persepsi, bahwa Anda sedang marah-marah
4. Jangan menggunakan tanda baca yang berlebihan
Contoh : Mohon bantu action
segera!!!! jika ada permintaan request delivery urgent dari kami ya
pak,,, ? Penggunaan tanda baca berlebihan, menimbulkan persepsi yang
negatif
5. Jangan menggunakan kalimat yang kurang lazim
Contoh : Jika pengiriman ini
gatot, bisa jadi selanjutnya kt pake expedisi eksternal ajah lho yo
pak? Penggunaan kalimat / kata-kata yang kurang lazim, menunjukkan Anda
kurang professional
6. Penggunaan warna huruf
Warna huruf sebaiknya berwarna gelap seperti : hitam dan biru tua
7. Pemilihan jenis huruf
Jenis huruf yang lazim digunakan di dunia professional, seperti : arial, arial narrow, trebuchet, callibri, dll
8. Dahulukan nama customer sebelum kolega internal pada kolom To atau Cc
9. Jika meminta bantuan, pergunakan kata-kata Mohon bantuannya
10. Bacalah benar-benar e-mail yang Anda terima
Bacalah benar-benar e-mail yang Anda terima, karena seringkali menimbulkan beragam persepsi
11. Ucapkan Terima kasih di akhir kalimatPengertian Mailing List – Dengan adanya fasilitas internet maka kita bisa melakukan banyak hal khususnya untuk mencari informasi dengan cepat sesuai dengan kebutuhan. Manfaat besar pada internet ini didukung oleh banyaknya aplikasi sehingga kita memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Ada beberapa fasilitas yang bisa kita manfaat di internet, diantaranya: browsing, chatting, aktif di forum atau milis. Yang terakhir inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu milis atau Mailing List.
Apa pengertian Mailing List dan apa manfaat yang didapat jika kita aktif di mailing list? Simak penjelasan kami berikut ini.
Pengertian Mailing List
Mailing List merupakan istilah dalam bahasa inggris yang jika dibahasa Indonesiakan menjadi Milis. Sedangkan pengertian Mailing List adalah fasilitas grup yang memungkinkan kita untuk bertukar informasi seperti diskusi di internet, Mailing List ini bersifat terbuka sehingga siapa saja bisa masuk dan berikutserta di dalamnya. Cara kerja Mailing List yaitu dengan memanfaatkan fasilitas Email, anggota Mailing List bisa bertanya sesuka hati di Mailing List kemudian akan dibroadcast ke seluruh anggota group melalui Email yang memiliki kesukaan dan kepentingan yang sama. Anggota Mailing List yang menerima pertanyaan melalui Email Broadcast tersebut dapat membalasnya sesuka hati yang kemudian balasan tersebut akan dibroadcast kembali ke anggota lainnya.Supaya proses diskusi pada Mailing List dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan seorang atau lebih yang bertugas sebagai moderator. Tugas moderator tersebut yaitu memonitoring seluruh aktivitas anggota, sehingga ketika ada melanggar si moderator mempunyai hak untuk menegur bahkan hingga mengeluarkan anggota tersebut dari group Milis.
Jenis Jenis Milis
Pada dasarnya terdapat dua jenis mailing list yang ada saat ini, yaitu:Announcement-type list
Yaitu proses komunikasi pada mailing list yang dilakukan hanya satu arah, yaitu anggota pada mailing list tidak punya otorisasi untuk membalas hanya menerima pesan atau email dari milis saja.
Discussion-type list
Jenis kedua ini anggota dapat berkomunikasi secara dua arah, anggota milis bisa menerima dan mengirim pesan kepada sesama anggota.
Contoh Mailing List
- Group Yahoo dengan alamat groups.yahoo.com. Untuk mengikuti milis ini diperlukan email Yahoo.
- Group Google dengan alamat groups.google.com. Untuk mengikuti milis pada group ini dibutuhkan email google atau GMail.
Manfaat Mailing List
Mailing List dapat dijadikan sebagai sumber untuk mendapatkan berbagai jenis informasi seperti lowongan kerja, berita terbaru, isu-isu terkini, teknologi dan lain sebagainya.Kelebihan Mailing List
- Anggota milis akan mendapatkan informasi terbaru dari sesama anggota.
- Mudah dalam mendapatkan informasi
- Menambah relasi
- Kurang praktis karena harus tiap hari membuka Email untuk menghindari penumpukan email masuk.
- Sistem pengiriman balasan memakan kuota space email yang cukup besar karena harus disertakan dengan kiriman terdahulunya.
Komentar
Posting Komentar