CHATTING

CHATTING




Pengertian Chatting – Di era teknologi informasi kini semakin banyak bermunculan fasilitas guna mendukung penyebaran informasi dengan cepat dan mudah. Penyebaran informasi kini menjadi lebih efektif dengan cara memanfaatkan jaringan internet. Salah satu fasilitas pertukaran informasi yang sekaligus sebagai media komunikasi secara online melalui jaringan internet yang paling populer adalah chatting. Mungkin hampir setiap orang terlebih anak muda sudah akrab dengan istilah ini bahkan mungkin setiap hari menggunakannya. Namun tidak sedikit yang masih belum tahu pengertian chatting yang sebenarnya begitupula pengetahuan terhadap sejarah chatting.

Pada artikel kali ini kami mandalamaya.com akan membahas mengenai pengertian chatting dan sejarah chatting. Tujuan dibuatkannya artikel ini adalah untuk semakin memantapkan pengetahuan para pengunjung terhadap teknologi yang mereka gunakan, dengan begitu setelah mengetahui dengan pasti terhadap teknologi yang digunakan diharapkan dapat memacu semangat untuk terus belajar dan semakin tertarik untuk ikut andil dalam mengembangkan teknologi tersebut.
Pengertian Chatting

Pengertian Chatting adalah percakapan yang biasanya dilakukan antara dua orang atau lebih secara langsung atau realtime dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet. Percakapan yang dilakukan bisa berupa teks, suara, atau semuanya digabungkan antara text, suara dan video. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan aktifitas chatting, diantaranya yang populer adalah IRC, Yahoo Messenger, AIM, Jabber dan masih banyak yang lainnya.

Aplikasi untuk melakukan aktifitas chatting disebut IM atau Instan Messenger. IM merupakan aplikasi pengolah pesan cepat yang memfasilitasi aktifitas komunikasi antara dua orang atau lebih secara realtime.

Aktifitas chatting semakin digandrungi akhir-akhir ini berkat semakin canggihnya teknologi ponsel. Jika dahulu ponsel hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat (SMS) dan telepon kini ponsel bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sehingga kegunaannya hampir menyerupai komputer. Pada ponsel cerdas atau smartphone kita bisa melakukan aktifitas chatting, dan aplikasi chatting yang sangat populer adalah Blackbeery Messenger (BBM), WhatsApp, dan Line. Sebetulnya masih banyak lagi aplikasi chatting yang bisa digunakan pada smartphone dengan menawarkan keunggulan dan fitur yang berbeda-beda.
Sejarah Chatting

Email menjadi titik awal munculnya aktifitas pengiriman pesan instan atau chatting.Emaildahulu merupakan sebagai terobosan baru yang dapat menggantikan pengiriman pesan secara konvensional. Namun pada perkebangannya Email dirasakan kurang bisa begitu efisien untuk melaksanakan pengiriman pesan yang cepat. Karena terkadang pesan yang terkirim melalui email membutuhkan waktu respon yang lama dari si penerima, dan si pengirim tidak bisa mengetahui apakah pesannya tersebut telah dibaca atau belum bahkan si pengirim tidak mengetahui apakah si penerima dalam keadaan online atau tidak.

Semakin bertambahnya kebutuhan manusia terhadap komunikasi pengiriman yang cepat merangsang pengembang perangkat untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pengiriman pesan yang cepat. Lalu muncullan sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk berkirim pesan dengan pengguna komputer yang sedang online, aplikasi ini dipelopori oleh penyedia jasa daring Quantum Link atau lebih dikenal dengan nama American Online.

Pada tahun 1996 bulan November menjadi hari bersejarah untuk penggemar chatting, karena disaat itulah diperkenalkan sebuah aplikasi chatting secara resmi oleh Mirabilis untuk aplikasinya yang bernama ICQ. Mulai saat itu aktifitas chatting menjadi semakin menjamur. Kemudian pada tahun 1997 muncul aplikasi chatting baru bernama AIM (AOL Instant Messenger) besutan AOL, pada perkembangannya AOL mengakuisisi Mirabilis.

Sejak saat itu hingga kini aplikasi IM semakin banyak bermunculan dengan menawarkan fitur yang lebih canggih. Melalui aplikasi IM terbaru seperti Yahoo Messenger kita bisa chatting dengan bertatap muka dengan dukungan perangkat Kamera. Dan aktifitas chatting kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena sudah bisa dilakukan pada smartphone dengan aplikasinya populer BBM, WhatsApp, Line atau masih banyak lagi yang lainnya.

Daftar 10 Aplikasi Chatting di Komputer
Yahoo Messenger
Windows Live Messenger
Google Talk
AIM
Pidgin
ICQ
Camfrog
Skype
Facebook Messenger
XChat

Daftar 10 Aplikasi Chatting di Smartphone
BBM
WhatsApp
Line Messenger
KakaoTalk Messenger
WeChat
Skype
Yahoo Messenger
Nimbuzz
Google Talk
Facebook Messenger

Demikianlah artikel pengertian chatting dan Sejarah chatting. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan kita mengenai keilmuan komputer dan internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SITASI DAN BIBLIOGRAFI DENGAN MENDELEY

Ruang dalam Perencanaan Wilayah dan Kota